Tertarik untuk Menjadi Pilot? Ini Langkah-Langkahnya

Pilot merupakan pekerjaan yang memiliki tanggung jawab cukup besar. Meskipun memiliki tanggung jawab besar, tapi profesi satu ini merupakan profesi dengan gaji tinggi. Tidak hanya itu saja, ada banyak keuntungan menjadi seorang pilot seperti keliling dunia tanpa bayar, dikelilingi wanita cantik, dan memiliki banyak pengalaman. Nah, dengan banyaknya keuntungan jadi pilot. Apakah Anda tertarik untuk menjadi pilot? Jika iya, ini dia langkah-langkahnya.

Daftar di sekolah pilot terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di sekolah pilot terlebih dahulu. Carilah sekolah pilot yang telah memiliki nama besar atau sudah dikenal banyak orang. Usahakan untuk mencari sekolah penerbangan yang telah lama berdiri karena dari usia sekolah dapat mempengaruhi pendidikan bisa berjalan lancar atau tidak. Usia sekolah yang baru berdiri, bisa saja mempengaruhi Anda ketika masuk seperti lambat lulus atau juga sekolah tutup akibat bangkrut. Untuk itu, sebaiknya pilih-pilih terlebih dahulu sekolah penerbangan yang akan Anda pilih. Sekolah yang telah banyak meluluskan siswanya dan menjadi pilot, bukan tidak mungkin membuat Anda bisa lebih mudah menjadi pilot ketika lulus. Untuk meminimalisir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya cek terlebih dahulu sekolah penerbangan yang akan dipilih seperti, reputasi sekolah, usia sekolah, fasilitas, dan jumlah instruktur.

Miliki lisensi penerbangan yang lengkap

Langkah kedua yang harus dilakukan buat Anda yang ingin menjadi pilot yaitu harus memiliki lisensi penerbangan yang lengkap. Dengan adanya lisensi lengkap, membuat Anda lebih mudah untuk diterima dimaskapai penerbangan. Ini semua dikarenakan semakin lengkap lisensi, maka semakin banyak pengalaman membawa pesawat dan jam terbang telah tinggi. Untuk menjadi pilot sebaiknya Anda harus memiliki lisensi-lisensi ini:

SPL ( Studen Pilot License)

Untuk jenis lisensi satu ini akan Anda dapatkan ketika menjadi kader di sekolah pilot sebagai surat izin membawa pesawat latihan yang didampingin instruktur atau juga tidak.

PPL (Privater Pilot License)

Lisensi PPL ini merupakan surat izin yang diperoleh oleh setiap siswa pilot. Jenis lisensi ini digunakan untuk keperluan pribadi dan tidak boleh menerbangkan pesawat pada malam hari. Jam terbang yang dibutuhkan yaitu 60 jam terbang untuk memegang lisensi PPL.

CPL (Comercial Pilot License)

Pilot yang memegang lisensi CPL merupakan pilot yang bisa bekerja dengan dibayar. Untuk mendapatakan lisensi CPL dibutuhkan 140-250 jam terbang.

ATPL (Airliner Transport Pilot License)

Untuk jenis lisensi ini termasuk lisensi tertinggi dan membuat Anda menjadi kapten pesawat dan boleh menerbangkan pesawat dengan membawa penumpang lebih dari 30 orang. Lisensi jenis ini dengan 1. 500 jam terbang

MER (Multi-Engine Rating)

MER merupakan surat izin yang bisa digunakan untuk menerbangkan pesawat dengan mesin ganda. Lisensi ini merupakan lisensi pelengkap dari PPL, CPL, dan IR. Kelebihan memiliki lisensi ini yaitu tidak hanya bisa menjadi pilot tapi dapat menjadi Instruktur.

Untuk Anda yang tertarik menjadi pilot ada baiknya memiliki lisensi MER dikarenakan dapat membuat Anda lebih mudah diterima jadi pilot.

Cepat mendaftar di maskapai penerbangan

Yang satu ini tidak kalah pentingnya dari lainnya karena percuma saja jika Anda telah mendaftar di sekolah pilot ternama dan memiliki lisensi lengkap tapi tidak cepat mendaftar di maskapai penerbangan ketika  lulus. Ini semua dikarenakan ada banyak orang yang tertarik menjadi pilot. Dengan begitu, akan banyak juga pesaing Anda. Jadi, usahakan untuk segera mendaftar di maskapai penerbangan jika langkah pertama dan kedua telah terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *